Mendeteksi Driver Komputer menggunakan Everest Ultimate

Hallo para pembaca sekalian, Apakah anda pernah melakukan Instal Ulang Sistem Operasi? Jika iya, maka anda pasti akan berurusan dengan driver (penghubung antara software dengan hardware agar keduanya dapat menjalankan fungsinya masing-masing secara normal).

Yang kerap menjadi permasalahan adalah terkadang kita tidak tahu apa jenis driver yang harus diinstall pada laptop atau komputer yang sedang kita gunakan.

Baca Juga :

Jika yang sedang diinstal ulang adalah sebuah PC (Personal Computer), tentu saja lebih mudah untuk mendeteksi jenis driver yang digunakan, dengan membongkar casing saja kita bisa melihat merk dan type driver yang dipakai pada PC tersebut.

Namun, jika yang sedang anda instal adalah sebuah Laptop/Notebook, tidak mungkin akan membongkarnya karena akan menyita banyak waktu dan belum tentu si pemilik laptop setuju kalau laptopnya dibongkar.

Salah satu solusi yang menurut saya paling tepat adalah dengan menggunakan software pendeteksi driver, dan yang biasa saya gunakan adalah Everest Ultimate. Namun saat ini Everest telah berganti nama menjadi AIDA64. Anda bisa mendapatkannya pada link berikut ini, download AIDA64.

AIDA64 tersedia dalam dua jenis, ada yang Installer (harus diinstal pada PC/Laptop) dan ada pula yang Portable (tidak perlu diinstal). Silahkan pilih jenis yang lebih anda sukai, Installer ataukan Portable. Kalau saya lebih suka yang Portable karena lebih simple dan praktis.

Cara Mendeteksi Driver Laptop dengan AIDA64


Cara menggunakannya cukup mudah. Setelah berhasil didownload, extract filenya terlebih dahulu, cari file bernama AIDA64.exe lalu double klik untuk mulai menjalankannya.

Untuk melihat nama driver VGA (Video Graphic Adapter) klik pada bagian Display, Sound pada bagian Multimedia, LAN/Wifi pada bagian Network dan masih ada lagi bagian yang lainnya silahkan dicoba sendiri.

Cara Mendeteksi Driver Laptop dengan mudah

Gambar di atas adalah tampilan AIDA64, pada bagian sebelah kiri adalah device yang ada pada PC/Laptop, sedangkan pada sebelah kanan adalah Device Description / Nama driver yang terdapat pada Komputer/Laptop yang sedang digunakan.

Demikian Tutorial sederhana tentang cara Mendeteksi Driver Komputer menggunakan aplikasi pendeteksi Driver. Semoga bermanfaat...